RSS

Bayangan fikiran akan Arsy

Bayangan fikiran akan Arsy

[Pendekatan]


Apa bayangan.dasar  yang tercipta dalam fikiran ketika ada keterangan seperti ini:

"Pada hari itu ada delapan malaikat yang memikul Arsy Tuhan mu ".


Apakah kita membayangkan sebuah singgasana yang di angkat oleh delapan individu?

Bayangan seperti ini harus di cerna kembali oleh akal,  keterangan ini adalah perumpamaan. Oleh sebab itulah keterangan mengenai Arsy tidak di format dengan jelas dalam Al-Quran dan Hadis. Karena Arsy bukanlah seperti bentuk singgasana seorang raja di dunia.Tuhan tidak sesederhana ini. Di angkut di atas singgasana oleh delapan malaikat. Ada makna yang lebih cerdas dari makna di atas.

Arsy tidak bisa di maknai dengan singgasana seorang raja secara fisik. Bukankah para ulama mengatakan bahwa Arsy adalah Kekuasaan?.. ada pula yang menyatakan posisi,ada pula makna tempat,ada banyak makna dari kata Arsy.

Kalau bagi malaikat pemikul Arsy maka makna nya adalah pemegang.mandat  kekuasaan Tuhan sesuai kadar kemampuan nya,karena mahluk tetaplah terbatas,beda dengan Tuhan.

Keterangan di atas kira kira bermakna: "Pada hari itu delapan orang malaikat memegang mandat Tuhan mu, artinya delapan orang malaikat ini ikut mengatur kejadian dan prosesi Mahsyar. Mereka adalah para ketua/penghulu  para malaikat."

Jika ayat ini di sambung ke surah An Naba:38, maka: bisa di katakan bahwa di tengah delapan malaikat agung ini, ada satu sosok yang Maha Agung, Tuhan yang Maha Esa. Jadi jumlahnya sembilan, yang satu adalah Tuhan.

Apakah Tuhan selalu bersama delapan malaikat agung ini?...mungkin saja, sebab ketika Tuhan berada di dunia seperti mendekati para nabi, di khabarkan juga bahwa ada malaikat agung Jibril yang seakan selalu bersama Tuhan. Wajar saja karena dengan delapan malaikat agung di sisinya, Tuhan tidak merasa sunyi, ini fikiran sederhana saya  saja.


Mungkin para malaikat Agung ini lah yang dikatakan bukan laki laki bukan pula perempuan. Mirip dengan Tuhan. Dan mungkin pula para malaikat agung ini zat nya bukan lagi dari atom melainkan zat Nur. Dengan zat Nur ini mereka bisa bersama Tuhan kemana saja di luar ruang alam semesta, tempat asal Tuhan berada. tidak diketahui seberapa tinggi kuasa para malaikat pemikul Arsy ini, yang jelas mereka orang orang terdekat bagi Tuhan. Yang bisa menjadi teman kemana saja Tuhan pergi. Apakah mereka termasuk dalam lingkaran dalam kata "Kami " dalam Al-Quran?.. bisa jadi, karena mereka Nur, jadi tidak hanya Nur Alam Semesta ini( Ruhul Qudus) yang masuk dalam lingkaran "Kami",tapi ada lagi delapan Malaikat Agung. Termasuklah disini Jibril,Mikhail, Israfil dan Izrael.

Ini hanya kemungkinan kemungkinan yang tidak harus di fikirkan karena hanya berupa pengetahuan saja.

Jika ada yang tidak sesuai,mohon koreksinya lewat komentar atau email.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar