RSS

Makna dimatikan dua kali

Apakah makna ayat Alqur'an yang menyatakan bahwa manusia itu dimatikan dua kali dan di hidupkan dua kali? ...


Keadaan awalnya manusia adalah tidak ada,disini di istilahkan dengan mati ( tidak ada ).

Kemudian manusia lahir kedunia.hal ini di istilahkan dengan kata di hidupkan (ada).

Dari dua keadaan diatas maka diperoleh keterangan mengenai makna di matikan sekali (tidak ada) dan di hidupkan sekali (ada).


Kemudian,ketika suatu waktu manusia akan wafat atau mati (tidak ada dalam pandangan manusia,dalam pandangan Tuhan belum tentu tidak ada).keadaan ini di istilahkan dengan di matikan.lalu kemudian manusia di bangkitkan setelah wafat (wafat adalah proses kebangkitan itu sendiri,hanya manusia tidak melihatnya sehingga dikatakan pada manusia sebagai keadaan wafat saja).


Dari keadaan diatas diperoleh keterangan,bahwa manusia itu dimatikan dua kali dan di hidupkan dua kali. Dimatikan adalah kata ganti "tidak ada". Adapun dihidupkan adalah kata ganti "ada".


Catatan :

Keterangan Alquran sebagian adalah disesuaikan dengan daya jangkau akal manusia di zamannya. Tidak bijak kalau keterangan Alquran itu diformat dalam level pemikiran yang terlalu tinggi sehingga sulit di jangkau oleh akal yang mempelajarinya. Hal ini harus kita sadari bahwa kesederhanaan Alquran dalam keterangannya adalah sesuai tingkat kecerdasan rata2 manusia pada zaman Alquran di wahyukan. Sebagai manusia yang hidup di zaman sekarang,dimana akal telah berkembang lebih dari 1500 tahun sejak Alquran di turunkan,maka kita harus berhati hati beradaptasi dengan keterangan2 Alquran yang mungkin tampak sederhana namun tidak sederhana.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar