RSS

Shirat (penjabaran hadis)

Shirath (penjabaran Hadis)


Shirat  didalam hadis di umpamakan sebagai jembatan yang terbentang di atas Neraka.

Makna jembatan ini adalah Hisab yang prosesnya memakan waktu 40 tahun.waktu selama 40 tahun ini di gambarkan sebagai keadaan seakan menyeberang jembatan di atas neraka,Hisab adalah Neraka itu,jembatan adalah waktu 40 tahun itu.

Dikatakan didalam Hadis,bahwa bagi yang amal perbuatannya baik,maka mereka akan melewati jembatan dengan secepat kilat,artinya proses hisab baginya hanya sebentar saja,tidak harus sampai 40 tahun penuh.adapula yang melewati jembatan ini lebih lama,adapula yang sangat lama,ada pula yang sempat jatuh di bawah jembatan dan masuk ke Neraka.

Makna yang terakhir adalah,bahwa proses hisab di mahsyar itu dilewati orang dengan masa yang bergantung pada amal perbuatannya.jika lebih banyak dosa,maka akan semakin lama,bahkan bisa jatuh ke neraka,artinya akan di lanjutkan ke neraka hisabnya.sehingga ia belum bisa masuk surga.

Makna Shirath adalah proses Hisab dimana di dalamnya telah terdapat paket syafaat dari para nabi dan para malaikat serta orang2 takwa yang diperkenankan.kemudian terdapat pula pengampunan sekian persen dari dosa itu dari Allah Swt.

Jika beruntung, maka seseorang akan lolos dari Shirath walaupun harus melewati masa derita selama 40 tahun.ia akan diperkenankan memasuki Surga yang penuh kebahagiaan.

Makna Shirath sebagai jembatan selebar sehelai rambut di belah tujuh.

Ini adalah gambaran mengenai keadaan Hisab di Mahsyar yang begitu berat.

Dikatakan pula bahwa di Mahsyar itu,matahari sangat dekat,satu jengkal dari kepala,hingga manusia bisa hangus kalau tidak terlindungi.semua ini adalah gambaran yang  menerangkan akan beratnya keadaan tersebut.hanya sebagian manusia yang tidak merasa berat,yaitu mereka yang disebut sebagai golongan kanan.yakni mereka yang taat dan banyak berbuat baik selama hidupnya.kemudian para bayi dan anak2 yang wafat ketika masih di bumi (yang wafat saat menghadapi hari kiamat ).mereka adalah golongan yang bebas dari Hisab dan di pelihara.karena waktu di Mahsyar adalah 40 tahun lamanya ,otomatis mereka akan tumbuh menjadi manusia dewasa (disini manusia semua adalah roh,roh itu tidak berbeda dengan manusia,hanya lebih sempurna tanpa kurang suatu apapun secara fisik,bukan seperti bayangan roh ciptaan sihir syaitan di bumi  yang tidak menyentuh tanah dan sebagainya ).Dengan demikian akan sesuai keterangan Al-Quran, bahwa semua penghuni surga itu terdiri dari laki laki dan perempuan yang muda belia.


Masa di mahsyar ini kurang jelas bagi saya  mengenai apakah seluruh umat (umat Jin dan Manusia)  disana harus menunggu genap selama 40 tahun penuh,baru kemudian di bawa ke tujuan masing2 (neraka atau surga),atau langsung di bawa ke tujuan ketika Shirath  dan Syafaat selesai diterima individu bersangkutan. silahkan cermati hadis yang bersangkutan agar menjadi jelas jika ingin lebih memastikan.


Catatan :

Paket syafaat bagi mereka yang bebas Hisab dari golongan kanan adalah lebih tertuju pada derajad dan tempatnya di surga.artinya ia akan di tinggikan derajadnya oleh sebab Syafaat itu tidak di aplikasikan pada keringanan Hisab  atau pengampunan, sehingga paket ini  akan di konversi ke derajad nya yang di tinggikan, kemudian di tambah lagi paket pengampunan dari Allah,yang tentu di konversikan pula (konversi paket ini mungkin  dipengaruhi oleh prestasinya di kehidupan roh, sebelum proses Mahsyar).

hal ini juga berlaku bagi anak2 dan bayi yang wafat saat kiamat berlangsung. Kemudian berlaku pula kepada anak2 yang wafat di dunia secara umum. Anak2 dan bayi  yang wafat di dunia akan dipelihara dan di bimbing,tempat mereka ini di sebut sebagai Telaga Haud Muhammad  Telaga ini adalah perumpamaan sebuah jaminan kepada anak2 akan masa depannya setelah wafat di dunia.ia akan terpelihara ,tidak perduli dari mana ia berasal,agama apa saja,bahkan dari anak seorang yang atheis,atau bahkan dari anak seorang yang tergolong kafir dalam kategori Syari'at. anak2 dan bayi yang wafat saat di dunia dan yang wafat saat hari kiamat adalah yang terjamin dari Hisab,bahkan akan mendapat bonus derajad yang di tinggikan (mungkin sesuai prestasi dalam kehidupannya di dunia roh).


Sekian.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar