RSS

Hukum Islam / Harapan

Hukum Islam


Banyak orang berharap dan optimis bahwa hukum Islam adalah hukum yang bisa menjamin tegaknya ke adilan dalam kehidupan bernegara.

Benarkah? ...

Hukum Islam adalah hukum yang luhur akan tetapi apakah pelaksana hukum itu juga memiliki keluhuran dalam dirinya?..seberapa besar nilai2 luhur dalam dirinya hingga ia memenuhi syarat sebagai pelaksana hukum Islam?...


Kalau pelaksanaan hukum Islam ini tidak berbeda dengan pelaksanaan hukum yang mungkin menjadi kekecewaan sebagian orang selama ini,lalu apa bedanya hukum Islam dengan hukum yang ada? ...


Jika sempat terjadi pelaksanaan Hukum Islam dimana pelaksananya belum tercukupi daya dukungnya,maka yang mungkin terlihat adalah penegakan hukum yang menakutkan bagi setiap diri.bukan lagi hukum yang mengayomi dan memberi rasa damai.jangan sampai kita terjebak dalam kondisi seperti ini hanya karena angan2 yang tidak di dukung oleh kondisi yang ada.


Kalau kita umat ini masih merasa belum memiliki nilai2 luhur dalam diri,maka janganlah berharap terlalu jauh akan penegakan hukum Islam.


Seberapa siapkah umat dan para khalifah serta para calon khalifah untuk menjalankan Hukum Islam?...


Mari berhati hati,jangan2 rakyat kecil yang sudah susah akan semakin susah karena ketidakadilan pelaksanaan hukum Islam.


Sebagaimana bayangan umat bahwa hukum Islam adalah hukum yang keras namun adil dan luhur. Akan tetapi jika unsur pelaksananya tidak siap lahir dan bathin atau memaksakan diri dengan rasa siap yang di buat buat oleh ambisi hawa nafsu disadari ataupun tidak disadari,maka salah2 bukan keadilan dan kedamaian yang didapat melainkan Neraka dunia.


Jika kita merindukan keadilan maka berbuat adil lah dalam perilaku sehari hari.jika kita merindukan kedamaian maka berusahalah menciptakan hidup damai dalam lingkungan masing2.


Siapkah kita hidup dalam lingkungan hukum Islam di tengah saudara saudara kita yang non Islam tanpa arogansi? ..siapkah saudara saudara kita non Islam menerima dirinya di bawah lindungan hukum Islam tanpa merasa terganggu kemerdekaannya?


Dahulu dimasa Rasulullah SAW,masyarakat non Islam dijamin hak asasi dan kemerdekaannya oleh pemerintah.meskipun masih ada segelintir umat yang memiliki anggapan yang kurang bersahabat terhadap penganut non Islam oleh karena rasa arogansi dan pemahaman yang masih sederhana. Kondisi itu merupakan pertumbuhan awal Islam yang masih harus terus di benahi setiap waktu. Sekarang ini Islam sudah berjalan ribuan tahun,adakah pembenahan itu semakin sempurna dalam diri umat dan peradabannya atau masih sama saja?..mari renungkan bersama (berkaitan dengan kondisi peradaban lokal kita saja,sebab di peradaban Islam negara lain mungkin sudah jauh lebih baik progressnya)


Capailah dulu budi luhur itu baru bicara format Hukum Islam.jangan tergesa gesa karena angan2 yang bisa menipu.


Hukum bagaimanapun adanya pastilah mengarah pada tercapainya nilai kebenaran yang maksimal.namun bagaimanapun hebat dan berkilaunya sebuah format hukum,pada akhirnya hasil hukum itu tergantung pelaksanaannya. Kalau pelaksanaannya setali tiga uang saja dengan pelaksanaan hukum yang ada, maka lebih baik mengurungkan niat bercita cita menegakkan hukum Islam.sebagai pengganti hukum yang ada.tidak rasional bahkan sebuah kesiasiaan yang amat besar.


Kita tidak mungkin mengundang para Malaikat untuk menjadi petugas hukum agar pelaksanaan hukum menjadi terjamin dari penyimpangan.


Kalau kita melihat keluar dimana hukum Islam bisa memakmurkan suatu negara,itu karena masyarakatnya memiliki daya dukung.

Mari bandingkan diri kita dengan masyarakat negara islam yang makmur tersebut. Apakah ada perbedaan dalam segi daya dukung?.bisakah kita seperti mereka?...bagaimana caranya?..berapa lama prosesnya hingga kita bisa menghasilkan generasi yang memiliki daya dukung terhadap harapan kita? ...tentu masih lama,tidak sekarang karena mungkin masih terlalu banyak yang harus dibenahi.


Mari berfikir dulu sebelum terlanjur jauh kita melangkah.


Sekedar pemikiran yang tidak harus difikirkan.


Sekian.semoga bermanfaat.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar