RSS

Sifat 20

Sifat 20


Disini saya hanya mencoba mengira-ngira tentang apa yang dipelajari orang dalam Ilmu Sifat 20.jika salah maka mohon maaf, semoga tulisan ini bisa memberi kontribusi sebagai bahan pertimbangan berkaitan dengan sifat 20 yang telah terlanjur di buat sementara pelajaran tersebut tidak ada di zaman Rasulullah Muhammad Saw.


Ajaran sifat 20 ini berasal dari seorang syeck. Beliau mengumpulkan seluruh keterangan Al-Quran yang berisi sifat sifat Allah Swt.dari usahanya ini kemudian beliau mempelajari sifat tersebut.entah apa tujuannya beliau mempelajari sifat Tuhan Nya. Mungkin agar lebih memahami atau alasan ibadah lain.


Sifat Tuhan adalah sifat Tuhan tak akan ia menjadi sifat manusia. Sampai kapanpun.

Bagaimanapun manusia berusaha mempelajari sifat tersebut,akal tidak akan mampu menjangkaunya.oleh sebab itu banyak orang stress karena mempelajari ilmu ini.bahkan ada yang kelihatan stress se umur hidupnya.entah apa yang di cari dalam ilmu sifat 20 ini hingga orang bisa stress seperti layaknya orang tidak waras .

Orang yang mempelajari sifat 20 untuk memahami bagaimana sifat Tuhan itu berlaku secara lebih detail adalah pekerjaan yang mubazir,membuang buang waktu,banyak pekerjaan lain yang lebih di anjurkan agama seperti membenahi kekurangan aplikasi agama dalam masyarakat daripada mempelajari sifat 20 ini yang tidak jelas ujungnya kecuali membawa pada kesimpulan yang bisa mengada ada (disebut bid'ah).

Dengan kondisi kuasa mutlak yang ada pada Tuhan, maka harus mutlak dipercaya dan di yakini segala sifat Tuhan yang tertulis di Al-Quran tanpa harus menyelidikinya.

  

Kalau dikatakan bahwa Tuhan itu Maha Mengetahui,tidak perlu kita membayangkan bahwa Tuhan selalu mengawasi hambanya seperti layaknya manusia yang duduk bersemedi.ini namanya menyifati Tuhan seperti manusia, apa dasarnya?  Tuhan bukan manusia yang harus bersemedi membaca mantra untuk melihat seluruh perilaku hambanya.

Segala perilaku mahluk tidak bisa mewakili bagaimana Tuhan bekerja sebab mahluk bukan Tuhan.


Jika seseorang mempelajari sifat 20 dengan tujuan memperoleh pengetahuan yang bisa menembus hijab dengan cara bersemedi, apakah hal seperti itu bisa dikatakan telah mewaris sedikit sifat Tuhan yang Maha Mengetahui?...apakah Tuhan seperti kita manusia?.. selalu dan selalu bedakan Tuhan dengan diri kita atas dasar surah Al-Ikhlas. Tidak serupa, baik dalam rupa,zat, perilaku,dan lain lain.

Kita belum pernah bertemu Tuhan, sehingga tidak ada dasar yang mengijinkan kita membuat image yang menyangkut persamaan Tuhan dan manusia. Kalau memang ada persamaan maka persamaannya dimana saja dan sampai dimana saja  batasannya ?.. kita tidak tahu menahu hal ini.jadi jangan mengada ada.


Jika Tuhan adalah Personal,apa sajakah yang ada pada sifat manusia yang mirip dengan Tuhan? ini yang harus hati hati.disinilah sifat 20 itu harus di applikasikan agar terbedakan antara mahluk dan Tuhan.saya kira fungsi sifat 20 itu salah satunya adalah sebagai pembatas perbedaan antara Tuhan dan Manusia (termasuklah Malaikat dan Jin).


"Sifat 20 atau seluruh sifat Tuhan yang tercantum dalam Al-Quran adalah berfungsi sebagai pembatas atau pembeda antara Tuhan dan manusia( hal ini berlaku pula bagi Malaikat dan Jin)".


Jika Tuhan Maha Mengetahui maka mustahil baginya sikap duduk bersemedi karena ke Maha Kuasaan Nya tidak dibatasi oleh sikap bersemedi.lalu bagaimanakah Tuhan bekerja dalam sifat Nya ini?.terserah pada Nya, apa pengetahuan kita tentang hal ini?..tidak ada..... .ini hanya contoh. Saya tidak tertarik mempelajari hal ini,cukup mengetahuinya saja.


Kesimpulan :

Sifat 20 atau sifat sifat Tuhan adalah parameter pembeda antara Tuhan dan Mahluk. Tujuan utamanya adalah untuk diketahui dan sebagai pelengkap konsep ketuhanan yang tercantum dalam Surah Al-Ikhlas,maupun didalam ayat lain dalam Surah yang berbeda.

Sifat 20 tidak harus di tafsirkan bermacam macam apalagi dengan tafsir Mistik.tindakan ini rawan kesesatan.

Jangan selidiki bagaimana Tuhan bekerja dalam segala sifat Nya.ini hal yang sia sia dan mengarah pada kesimpulan yang bisa mengada ada( bid'ah).


Ini hanya pendapat yang bisa benar dan bisa tidak,menurut anda.terserah pada anda.


Sekian.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar