RSS

Yahudi dan Nasrani

Orang Yahudi,Nasrani dan orang Musryk.

QS: 5:82

"Sesungguhnya kamu dapati orang orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang orang yang beriman ialah orang orang Yahudi dan orang orang Musryk. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatan nya dengan orang orang yang beriman ialah orang orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani ". Yang demikian itu di sebabkan karena di antara mereka itu( orang orang Nasrani) terdapat pendeta pendeta dan rahib rahib,( juga) juga karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri."


Ayat di atas adalah berisi kondisi yang di hadapi oleh Rasulullah Muhammad SAW di waktu itu.

Ayat ini tidak berarti kita warisi begitu saja dengan mengikuti dan meyakini apa yang terdapat dalam ayat tersebut. Kalau kita warisi ayat ini tanpa ada adjustmen dengan kondisi kita sekarang atau kondisi yang terjadi di suatu masa yang jauh dari kondisi masa Rasulullah Muhammad SAW, maka kita umat Islam ini akan seakan hidup di zaman Rasulullah SAW, dimana beliau menghadapi situasi yang jelas berbeda dari situasi yang di hadapi umat sekarang. Kalau umat mengaplikasilan ayat ini seperti applikasinya di zaman nabi SAW, maka ini jelas kesesatan. zaman nabi SAW sudah berlalu, berbeda dengan sekarang, jadi tidak tepat kalau umat merasa bahwa kaum Yahudi, Nasrani dan Musryk masih seperti dalam gambaran ayat di atas.


Ayat di atas menggambarkan keadaan orang Yahudi,Nasrani dan orang Musryk di masa nabi SAW dan mungkin hanya berlaku di sekitar Mekkah dan Madinah,mereka bukan orang Yahudi sekarang, bukan orang Nasrani sekarang dan bukan orang Musryk sekarang. tidak ada hubungan samasekali kecuali di hubung hubungkan oleh orang orang yang salah faham karena khilaf atau oleh penjahat agama yang bertujuan mengadu domba umat beragama. Entah apa yang di cari ...manusia kalau sudah sesat tidak lagi mengerti akan dirinya dan yang di carinnya.Enjoy saja, orang mati /menderita karena ulahnya pun enjoy saja .ini yang di sebut sebagai Iblis manusia itu.


Di beberapa ayat lain banyak terdapat atau tersebut nama Yahudi atau Nasrani, termasuk pula dalam Hadis.

Mari ber hati hati dengan penafsiran akan ayat ayat tersebut agar tidak tersesat.lain maksud ayat lain pula.yang  di fahami.

Inilah kelemahan Islam itu,tidak ada satu konsep tunggal yang menjadi referensi. seperti tafsir Quran, belum  bisa di format menjadi satu saja sebagai referensi tunggal . yang menyedihkan adalah adanya tendensi arogansi dalam kajian ilmu agama. Umat bahkan para ulama sering bertentangan dengan pola mubazir, hanya untuk saling mengukur mana pohon yang lebih tinggi, sudah begitu di dukung oleh fanatisme, sehingga salah salah seorang ulama tidak menjadi seperti yang di harapkan Quran dan Hadis, malah menjadi sumber penyesat dalam sikap arogan nya mentang mentang banyak pendukung/ pengikut,  disadari maupun tidak di sadari.

Ini keluhan saya sebagai umat awam kepada para guru /ulama (memang tidak semua ulama/ guru, maaf).mudah mudahan tradisi saling mengukur tinggi pohon ini bisa berubah arah dalam pola yang bermanfaat bagi umat.

Saya pernah melihat fenomena saling ukur ini di lakukan di televisi ,antara pemirsa dan Ustadz penceramah,sekali saja saya melihat hal seperti ini . saya kira haram kalau fenomena ini di beri tepuk tangan,siapapun pemenangnya. Guru guru kita bisa sesat gara gara tepuk tangan kita (tidak semua guru, karena banyak guru yang sudah kebal).


Kembali ke fokus, mari berhati hati terhadap makna Al-Quran dan Al Hadis,karena ada sebagian ayat Al-Quran itu yang hanya menyorot masa lalu ,masa Rasulullah Muhammad SAW.untuk masa sekarang,harus ada penyesuaian kembali berdasarkan pengamatan yang objektif,sehingga applikasinya dalam umat menjadi benar.kata "KAMU" dalam banyak ayat,tidak selalu mengarah ke diri umat,banyak kata 'KAMU" ini mengarah ke diri Rasulullah SAW.jadi jangan salah faham.

ini sekedar pendapat saja.


Demikian. Jika ada yang tidak sesuai, silahkan koreksi dengan komentar atau email.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

jayalaksana mengatakan...

jadi apa yang anda tafsirkan dlm ayat tersebut ataw menurut pendapat para ulama.saya sendiri bingung..ap maksudny.??

Posting Komentar