RSS

Bayangan Fikiran

Bayangan fikiran


Imajinasi. yang muncul dalam fikiran  yang merupakan terjemahan respon fikiran terhadap suatu kejadian atau keadaan adalah merupakan imajinasi yang masih mentah. Imajinasi ini belum semuanya telah  di olah oleh akal dengan penyesuaian terhadap hukum alam.

Imajinasi ini bisa disebut sebagai imajinasi basic atau imajinasi elementer.

Jika seseorang tidak memproses kembali hasil imajinasi ini,maka manusia bisa tertipu.karena imajinasi elementer ini merupakan imajinasi yang berisi pola yang tidak teratur,sebagian polanya melanggar batasan hukum alam,seperti gravitasi dan sebagainya, contohnya dalam fikiran  fantasi seperti naik kuda di atas awan. 

Terkadang ketika kita mencoba memahami sesuatu,fikiran akan mencipta bayangan dasar yang sebagian bersifat fantasi atau tidak logis/ rasional.

Bayangan bayangan ini harus di proses kembali dalam limit hukum alam sesuai kemampuan kita.

Batasan hukum alam adalah suatu batasan yang tetap ,tidak akan berubah kecuali kehendak Tuhan. Hal ini di tegaskan dalam Al-Quran.


Dengan melakukan usaha seperti di atas,maka kita bisa terhindar dari bayangan mentah fikiran yang terkadang menipu.dalam usaha penafsiran yang berkaitan dengan agama, hendaknya bayangan bayangan yang masih mentah dalam fikiran segera diolah dalam batasan hukum alam kalau tidak sesuai maka harus di abaikan, kalau tidak maka ia bisa menjadi sumber penyesat.


Adapun kalau bayangan bayangan tersebut di tujukan untuk hal lain seperti dunia entertain,maka hal itu tidak menjadi masalah selama tidak di kait kaitkan dengan agama.


Berfikir logis dalam agama adalah lebih baik dari pada berfikir mistis. Bagaimapun Al-Quran lebih menggaris bawahi akal/ logika daripada mistis yang mengandung pemikiran khayal yang sebagian besar melanggar batasan hukum alam. 


Sekian.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar