RSS

Beberapa Istilah dalam AlQuran

Beberapa Istilah Fundamental Al-Qur'an


Hari Kebangkitan/ Hari Berbangkit =  Adalah hari dimana manusia di bangkitkan setelah di wafat kan oleh para malaikat.

Secara umum hari berbangkit ini adalah hari setelah manusia wafat. Secara khusus hari berbangkit ini adalah hari bangkitnya roh mereka yang menemui hari kiamat (roh mereka yang di wafatkan di hari kiamat).

Catatan:

hari kebangkitan terkadang pula memiliki makna hari pengadilan,misalnya pada kata "pada hari mereka di bangkitkan " makna kalimat ini lebih cocok di artikan sebagai "pada hari mereka di adili ".

sehingga kata di bangkitkan bisa memiliki beberapa makna.

Seperti perkataan nabi Ibrahim ini:

"dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka di bangkitan".

Maksudnya adalah bahwa nabi Ibrahim akan diberi hak memberi syafaat( tidak di hinakan ) ketika hari pengadilan di Mahsyar( QS: Ash Suu'ara: 87).

Ketika di temukan kata di bangkitkan (dari kata dasar bangkit),dalam Al-Quran, maka perhatikan fokus ayat, menunjuk pada kondisi apa?  bangkit setelah wafat atau bangkit di hari kiamat( bangkit di hari kiamat, adalah bagi roh yang wafat di hari kiamat saja).atau ia menunjuk pada hari pengadilan mahsyar. 


Hari Kiamat = Hari yang merupakan hari kehancuran bumi.


Hari Pengadilan = Hari dimana manusia menerima Hisab.

Bisa terjadi semasa masih hidup di bumi, setelah wafat, di langit bawah, di Mahsyar dan di Neraka.


Catatan:

Jasad manusia tidak lagi di ciptakan setelah wafat. Manusia akan hidup dalam wujud roh selamanya. Roh adalah tidak berbeda dari jasad manusia, hanya sudah sempurna. Roh adalah kesempurnaan yang di idamkan manusia. Jadi setelah wafat roh akan menghuni langit,kemudian ketika bumi kiamat, roh di langit/ persinggahan akan di bawa ke Mahsyar. Kemudian roh mereka yang wafat di bumi ketika kiamat, akan langsung di bawa ke Mahsyar.

Makna manusia di bangkitkan adalah bahwa manusia akan bangkit dalam wujud roh setelah diwafatkan .jangan bayangkan kalau roh itu tidak memiliki wujud,atau seperti penampakan penampakan buatan sihir syaitan di dunia, tidak demikian.


Published with Blogger-droid v2.0.4

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar